Expert Choice 11 – Analytical Hierarchy Process

Expert Choice adalah nama sebuah Software terkait dengan Analytical Hierarchy Process yang dikembangkan oleh Thomas L. Saaty.  Analytical Hierarchy Process atau lebh dikenal dengan AHP masuk dalam rumpun Decision Moldeling.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rational decision making process selalu dimulai dari problem atau masalah kemudian menurunkan alternatif-alternatif keputusan dan kemduian mengambil satu pilihan alternatif terbaik. Saaty mengidentifikasi masalah penurunan alternatif keputusan dengan mengidentifikasi Decision dan Criteria

Goal adalah tujuan yang hendak dicapai dengan proses memilih alternatif berdasar kriteria yang telah ditetapkan.  Decision adalah pilihan alterrnatif yang tersedia untuk dipilih, sedang Critera adalah parameter-parameter pilihan yang melekat pada Decision dan harus diperbandingkan. Oleh karena itu Saaty menggunakan istilah pairwise comparison karena pasangan Decision dan Criteria tersebut harus diperbandingkan secara relatif. Ibarat menentukan pilihan makan malam ada banyak alternatif pilihan dan masing-masing pilihan memiliki penawaran sajian yang berbeda dan harus diperbandingkan.

 

Setiap Decision pasti memiliki ciiteria, maka antar alternatif Decision diperbandingkan dan demikian pula dengan antar Criteria. Saaty membatasi penilai Decision dan Criteria dengan nilai 1-9 sebagai batasan psikologis dimana manusia mampu memperbandingkan., Maka, penilaian terhadap Decision dan Criteria tersebut kemudian dituangkan ke dalam pairwaise comparison.

http://fe.uajy.net/fs/as/wp-content/uploads/2007/09/ec3.png

Inkonsistensi dalam penilaian kemudian diuji hingga penilaian dalam pairwise comparison konsisten. Melalui Expert Choice evaluasi inkonsistensi itu menjadi mudah karena program telah dilengkapi dengan algoritmanya.

Setelah penilaian di pairwise comparion konsisten maka kasus di run dan gambaran mengenai pilihan  terbaik akan muncul beserta seluruh informasi yang menyertai. Dalam hal ini, analisis sensitivitas juga dimungkinkan agar membantu dalam proses pembuatan keputusan untuk mengetahui berbagai resiko dan kemungkinan bila sebuah putusan diambil.

 

 

Expert Choice : Balance Score Card

Pengajaran Balance Score Card atau BSC selama ini lebih menekankan pada isi dan metoda BSC. Padahal Kapalan dan Norton menemukan BSC ketika menjumpai fenomena para manajer fungsi yang memahami Strategic Planning secara berbeda. Artinya, Kapalan dan Norton inginn menunjukkan permasalahan dan menaewarkan solusi untuk mengintegrasikan Functional Strategic Planning agar terpadu dan menuju ke satu muara.

Analytical Hierarchy Process, thanks for Saaty,  menawarkan sebuah model untuk pemilihan alternatif dengan mengintegrasikan Decision dan Criteria. Balance Score Card bisa dimodel ke dalam AHP sehingga berbagai alternatif strategic points bisa diturunkan

Expert Choice. adalah software untuk memudahkan komputasi dan visualisasi AHP termsuk untuk melakukan Sensitivity Analysis untuk process pembuatan keputusan. Berikut salah satu contoh bagaimana BSC di model ke AHP dan kemudian diselesiakan dengan Expert Choice.

http://fe.uajy.net/fs/as/wp-content/uploads/2007/09/ec1.png