DECISION ANALYSIS

Membuat keputusan adalah aktivitas yang dilakukan oleh Individu maupun Kelompok. Mengapa harus membuat keputusan ? Karena menghadapi masalah yang harus diputuskan. Artinya , problem solving and decision making atau membuat keputusan untuk menyelesaikan masalah.

Agar memudahkan dipelajari, maka proses pembuatan keputusan itu dimodel atau realita dunia nyata diabstraksikan ke dalam model agar mudah dibayangkan. Apakah Model itu dan mengapa Realita harus dimodel dan bagaimana memodelnya.

Yang pertama, model adalah dunia simbol . dengan penggambaran dunia nyata atau realita ke dalam simbol maka proses berpikir logis bisa dilakukan. Dalam gamar tersebut terlihat bagaimana manajemen mengunakan intuisi untuk membuat putusan. Maka, Situasi manajemen diabstraksi menjadi  model. Kemudian, model dianalisis hingga membuahkan hasil. di sisi yang lain putusan manajemen dibandingkan dengan hasil analisis model. Maka, peran manajgement judgment diperlukan untuk membandingkan antara abstraksi dan interpretasi.

Pertama kali harus dipahami dulu bahwa untuk membuat keputusan itu dibutuhkan Informasi. Masalahnya, manusia pada saat membuaty keputusan ada diantara dua continuum, yaitu Informasi Tidak Tersedia dan Informasi Tersedia 100% benar atau disebut Informasi Sempurna. Mengapa ada dua continuum itu ? Karena diantara dua continuum itu ada Informasi Tersedia namun mengandung peluang salah sekaligus benar dan disebut Informasi Tidak Sempurna atau Imperfect Information. Sayangnya, informasi ini yang paling banyak dihadapi sehinga putusan yang dibuat pasti mengandung resiko karena ada peluang salah. Rumusnya adalah  EV = pi * Xi. EV adalah Expected Value atau Nilai Informasi yang diharapkan, pi adalah peluang data ke i, Xi adalah Nilai Informasi.  Maka, pada gambar berikut semakin jelas model dari Pembuatan Keputusan

Ada tida macam pembuatan keputusan, yaitu

  1. Tanpa informasi
  2. Dengan informasi sempurna
  3. Dengan informasi tidak sempurna

Membuat putusan tanpa informasi ibarat berjalan tapa tahu hendak kemana.