Takt Time

Takt dalam bahasa Jerman adalah meter seperti meter dalam musical meter[1. Toyota Motor Corp., The Toyota Production System, 1996] atau beat  yang menandai irama.
Takt[1. Translation dictionaries Copyright C. Langenscheidt KG Berlin and Munich 2000.]

masculine musical term time, measure, beat; ein Takt: bar; motoring stroke; Feingefühl: tact; den Takt halten keep time; den Takt schlagen beat time.

Ibarat irama musik yang harus dijaga agar setiap instrumen tetap dalam harmoni, demikian pula dengan irama proses produksi agar arus proses tetap terjaga dalam harmoni sehingga tidak ada unit kerja yang lebih cepat namun tidak pula lebih lambat. Semua kecepatan terjaga agar input masuk tepat waktu dan output keluar tepat waktu pula sehingga arus proses produksi dari awal hingga akhir secara keseluruhan tetap terjaga secara dinamis dalam production line yang ritmik tepadu. Ini merupakan paradigma baru manajemen operasi dibidang Production Planning and Inventory Conntrol.  Di paradigma lama, sesuai dengan Push System, takt time dipandang sebagai bukan faktor penentu bagi unit kerja berikutnya karena Muda tidak diperhitungkan, sehingga muda of over production, inventory, waiting terjadi. Pernah mengikuti atau melihat balapan Formula 1? Nah, perhatikan ketika mobil masuk ke Pitstop. Target lama waktu di Pistop adalah bagian dari balapan itu sendiri. Kesalahan perhitungan waktu di Pitstop bisa membuyarkan scenario target.  Misal pada saat pertarungan Culhart dengan Michael S di Monaco. Culhart baru berani masuk di Pitstop di putaran terakhir dan itupun waktunya dibatasi agar kalau keluar dari Pitstop Michael S masih dibelakangnya. Mulai dari pergantian ban, mengisi bahan bakar, dll harus selesai dalam target waktu tertentu. Bila penggantian salah satu ban waktunya lebih lama dari yang lain maka total waktu mungkin akan melebihi target waktu yang telah ditetapkan. Bayangkan pula waktu di Network, kemelesetan waktu salah satu jalur kritis akan membuat waktu selesainya proyek tertunda.

Takt time di TPS adalah ukuran jumlah jam kerja dibagi dengan output yang dihasilkan. Bila jam kerja adalah 8 jam atau 480 menit dan selama jam kerja tersebut memproduksi 40 unit mobil maka produksi  setiap unit mobil membutuhkan waktu 12 menit. Parameter 12 menit ini kemudian menjadi target bagi unit pemasok sebelumnya untuk menandai kebutuhan pasokannya. Misal, pada produksi mobil,  bagian engine dan frame harus selalu siap memasok dalam parameter waktu bagian assembly tersebut.  Kalau dalam Gozinto Chart atau BOM atau Bill of Material, lebih menjelaskan logika hubungan komponen antara level hingga ke perakitan  dan berapa harus tersedia.
Takt time dalam Pull System berarti dimulai dari kebutuhan konsumen dan kemudian diurai kebelakang atau ke unit pemasok menjadi target-target produksi dengan spesifikasi waktu, jumlah.  Sebenarnuya lebih mudah membayangkan takt time dalam Bill of Material atau BOM dalam MRP atau Material Requirement Planning. Tinggal dicantumkan saja detil target waktu. Dalam Pull Systemtakt time kini menjadi target dan dipahami sebagai amanat karena kemelesetan takt time akan menyebabkan seluruh sistem terganggu.  Jadi, dalam BOM bukan hanya jumlah yang menjadi target tetapi juga detil waktunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *